My Skripsi

ANALISA KINERJA VIDEO ON DEMAND PADA LAN DENGAN PHP

PROPOSAL SKRIPSI




Diusulkan oleh :

MURDIFIN
NIM : 41505010086






PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2009



HALAMAN PENGESAHAN

1.      a. Judul Penelitian                      :      ANALISA KINERJA VIDEO ON   DEMAND PADA LAN DENGAN PHP
b. Bidang Ilmu                           : Teknik Informatika
         c.   Kategori Penelitian              :    
2.      Identitas Peneliti                        :
         a.   Nama Lengkap                     :     MURDIFIN
         b.   Jenis Kelamin                       :     Laki-laki
         c.   Golongan/ Pangkat              :     -
         e.   Jabatan Struktural                :     -
         f.    Fakultas/Jurusan                   :     Ilmu Komputer / Teknik Informatika
3.      Alamat Peneliti                          :
         a.   Alamat kantor/telp/fax/e-mail    :
         b.   Alamat rumah/telp/fax/e-mail    :
               Jln.Ayub No.39 Rt.002/07 Kec. Kebun Jeruk Kel. Sukabumi Utara
               Telp        :     012-96141960
               Fax         :     -
               Email      :     murdifin@plasa.com
4.      a.   Lokasi Penelitian                        :     Jakarta
         b.   Lama Penelitian                         :     4 Bulan.
Jakarta, 27  Maret 2009
Mengetahui,
Koordinator Tugas Akhir


(Devi Fitrianah, S.Kom., MTI.)
Peneliti


( Murdifin )
Kaprodi Teknik Informatika


(Abdusy Syarif, ST. MT.)


A.    JUDUL PENELITIAN
ANALISA KINERJA VIDEO ON DEMAND PADA LAN DENGAN PHP

B.     BIDANG ILMU
Teknik Informatika

C.    PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi komunikasi dewasa ini berlangsung sangat cepat. Salah satu di antaranya adalah di bidang teknologi internet. Konten Internet diawali dengan informasi berbasis teks. Lalu informasi berbasis teks tidak lengkap jika tanpa gambar. Teks dan gambar akhirnya dilengkapi dengan suara. Ketiganya kini kurang lengkap tanpa gambar bergerak atau video.
Video pun kini tidak cukup jika hanya arsip rekaman dalam pola on demand. Video online real time dalam pola streaming saat ini juga makin menjadi tuntutan publik di Internet. Jaringan Internet pita lebar (broadband), produk chip elektronik dan media penyimpan (storage) yang makin murah adalah faktor yang memperkaya berbagai jenis aplikasi di Internet.
D.  ABSTRAKSI
Video On Demand (VOD) sebagai bagian penting dalam sistem pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) dapat mempermudah proses belajar-mengajar bila diintegrasikan ke dalam aplikasi e -learning. Dengan adanya VOD, maka a plikasi e -learning dapat memanfaatkan presentasi video secara live ataupun memainkan file audio dan video. Pembahasan dalam penulisan ini mencakup tentang komunikasi dalam TCP/IP, Multicasting secara umum, sekilas MPEG kompresi yang sekarang masih dipergunakan. dan keuntungan dari streaming media, serta VOD yang memanfaatkan Aplikasi E-learning. Penulis juga menjelaskan cara membuat sebuah streaming file dengan bantuan Real Producer dan Server Streaming menggunakan. Dan membuat VOD dengan memasukkannya ke dalam aplikasi E-learning yang berbasis php MySQL, baik untuk live unicast maupun on –demand streaming. Sehingga informasi yang membutuhkan video dapat ditampilkan secara jelas dengan bantuan streaming.
E.  PERUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini adalah
·         Apakah efektif video on demand di integrasikan sebagi aplikasi E-learning dalam jaringan lokal?...
·         Mengapa video on demand berbasis WEB lebih efektif daripada berbentuk aplikasi?...
·         Bagaimana cara pengoperasian Video On Demand (VOD)?...

F.  PEMBATASAN MASALAH
·                      


G.    TINJAUAN PUSTAKA


  1. TUJUAN PENELITIAN
 Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan aplikasi ini adalah mencoba menyelesaikan permasalahan yang ada dengan membangun aplikasi video on demand yang dapat diakses melalui jaringan lokal. Aplikasi video on demand ini berbasis web sehingga lebih mudah diakses oleh user jika dibandingkan dengan aplikasi. User tidak perlu menginstal aplikasi ini terlebih dahulu, aplikasi ini menggunakan fasilitas windows media player pada komputer user untuk memainkan video. Pengujian video on demand ini dilakukan pada jaringan lokal atau LAN(Local Area Network) dengan sebuah server sebagai penyimpanan data file video on demand. User browsing alamat web dari server video on demand ini. Jika user terhubung jaringan lokal dengan server dan server valid maka user dapat mengakses web video on demand. Proyek akhir Aplikasi Video on Demand Berbasis Web ini dibangun dengan menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP.
Hasil analisis mampu menyediakan aplikasi video on demand yang dapat diakses melalui web dalam jaringan lokal.

I.       KONTRIBUSI PENELITIAN


J.      METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi yang digunakan dalam penulisan tugas akhir  ini adalah sebagai berikut :
1.      Tahap pengumpulan data
            Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Studi Literatur.
Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan judul penelitian.
b. Observasi.
Teknik pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan langsung terhadap permasalahan yang diambil.
2.      Tahap pembuatan perangkat lunak.
Teknik analisis data dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan paradigma perangkat lunak secara waterfall, yang meliputi beberapa proses diantaranya:
a.   System / Information Engineering
Merupakan bagian dari sistem yang terbesar dalam pengerjaan suatu proyek, dimulai dengan menetapkan berbagai kebutuhan dari semua elemen yang diperlukan sistem dan mengalokasikannya kedalam pembentukan perangkat lunak.
b.   Analisis
Merupakan tahap menganalisis hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek pembuatan perangkat lunak.
c.    Design
Tahap penerjemahan dari data yang dianalisis kedalam bentuk yang mudah dimengerti oleh user.
d.   Coding
Tahap penerjemahan data atau pemecahan masalah yang telah dirancang keadalam bahasa pemrograman tertentu.
e.    Pengujian
Merupakan tahap pengujian terhadap perangkat lunak yang dibangun.

f.  Maintenance
Tahap akhir dimana suatu perangkat lunak yang sudah selesai dapat mengalami perubahan–perubahan atau penambahan sesuai dengan permintaan user.

K.    BIAYA PENELITIAN
Biaya penelitian adalah dari pribadi peneliti.

L.     LAMPIRAN DAN REFERENSI

1.      Henky Alexander Mangkulo. 2005. Pemrograman Pada Jeringan Komputer TM 2. Yogya : Penerbit ANDI.
2.      "On-demand media: Re-inventing the retail business model". Screen Digest. March 2008.